Kamis, 20 Januari 2011

Rias dan Dekorasi

Prinsipku dalam nyiapin resepsi ini tu satu: ga ribet. Jadi, untuk masalah rias, dekorasi, dan baju pengantin aku serahin semuanya ke tukang rias. Istilahnya satu paket lengkap gitu. Nah harganya ini bisa variatif, tergantung tingkat ketenaran dan bagusnya brand tukang rias ini. Saya pribadi pilih yang middle aja.
Untuk semua rias dan dekorasi saya pilih salon cantik Verra. Sayang niy ga sempet ambil gambarnya karena yg punya (Mba Verra) ga mau di foto,heheee..
Harga yang saya dapet rangenya 15-20 juta dengan paket komplit seperti ini:
1. Baju akan dan resepsi yang baru, jadi langsung dijahit dan desainnya bisa suka-suka kita n pastinya sama tatanan jilbabnya juga udah diurusin ama Mba Verra.
2. Baju orang tua dan mertua baru juga loh, ngedadak jahit dan desain bisa suka-suka.
3. Dekorasi gedung, kamar pengantin, dan mobil, full bunga hidup
4. Baju+make up untuk pagar ayu dan pagar bagus
5. Make up keluarga (bajunya mah ngga ya..mesti cari sendiri)
6. Dekorasi, MC pemandu, n segala perlengkapan acara siraman
7. Dekorasi, MC pemandu, n segala perlengkapan acara adat
8. Lengser (itu loh yang buat nyambut pengantin pas masuk gedung) plus penarinya.
Mmm..apa lagi ya..kayanya cuma itu aja, tapi itu udah komplit kan?Kalo Saya pribadi cukup puas dengan paketnya, setidaknya saya ga harus ribet ngurusin baju, nyari-nyari penari, lengser, atau pusing mikirin acara adat, dll. Semuanya udah dibantuin ama Mba Verra ini. Beberpa teman yang kemarin pake salon ini menurut saya cukup bagus hasilnya. Insya Allah untuk saya nanti juga bisa bagus :)
Adat yang dipake nanti tu adat sunda, karena kedua orang tua saya sunda. Meskipun keluarga calon suami itu orang jawa, tapi kita sepakat pake adat sunda aja.
Oiya semua baju yang mendadak dijahit, baik baju orang tua maupun pengantin, semuanya akan menjadi milik salon ya. Tapi kalo misalnya saya mau beli jg bisa aja, tapi pastinya tambah uang lagi. Rencananya siy saya ngga akan beli bajunya, karena mubazir, kita ga akan pake bajunya lagi kan?mendingan dimanfaatin ama orang-orang yang akan menikah selanjutnya.

Persiapan lagi...

Intinya yang perlu disiapkan adalah 9 point tadi ya..
Tapi ini saya kasih yang lebih urut:
1. Nomor satu banget adalah pastikan gedung terbooking.
Minimal 6 bulan sebelumnya. Apalagi kalo mau nikah pas tanggal cantik, itu malah 1 tahun sebelumnya udah pada booking. Karena tanggal pernikahan saya rencananya bukan tanggal cantik secara kalender..maka 3 bulan sebelumnya alhamdulillah masih kosong. Selain itu, gedung tempat resepsi saya ini tidak terletak di tengah kota, jadi relatif lebih sepi.
2. Rias
Ini juga penting di booking jauh-jauh hari karena...salon yang bagus biasanya juga banyak peminatnya kan, jadi minimal 3-6 bulan sebelumnya. Saya sendiri pesan 3 bulan sebelumnya dan untungnya masih available :D
3. Seragam keluarga
Penting untuk mencicil yang satu ini, karena agak ribet nyiapin dan nyari-nyarinay ya..3 bulan sebelumnya harus udah mulai searching sana sini. Kan kita juga ga mungkin ngasih seragamnya mepet-mepet hari H, secara mereka harus jahit dulu kan ya...
4. Undangan+souvenir
Kalau untuk undangan 3 bulan sebelumnya, karena harus setting dulu kalau-kalau ada yang salah. Sedangkan untuk souvenir itu tergantung jenis souvenirnya. Kalau yang tidak terlalu susah 1-2 bulan sebelumnya cukup, tapi kalau harus di sablon ini itu atau di bordir nama, desain tertentu, amannya 3-4 bulan sebelumnya.
5. Fotografer
Booking minimal 3 bulan sebelumnya, terutama kalo fotografernya udah terkenal harus 6 bulan sebelumnya. Jangan terlalu mepet, karena kalau mau bikin foto pre wedding, itu mesti dibikin 1-2 bulan sebelum hari H, untuk keperluan editting, dll.
6. Catering
Catering juga mesti di pesan minimal 3 bulan sebelumnya, biar aman dan bebas nentuin menu.
7. Hiburan
Minimal 3 bulan sebelumnya.
8. Pendaftaran KUA
Ini penting tapi bisa 1 bulan sebelumnya, administrasinya sepertinya siy ga terlalu banyak, kecuali kalau kita dan calon suami tinggal di kota yang berbeda.

Persiapan Pernikahan

Kata orang, nyiapin pernikahan itu emang ribetnya ampun-ampunan.
Well..tapi menurut Saya pribadi, permasalahan utama dari semua itu adalah budget. hehehee..
Untuk menikahnya sendiri si budgetnya ga besar ya, cukup untuk biaya ke KUA, selesai deh :)
Budget resepsi ini yang memang terhitung cukup besar. Tapi tetap saja semuanya kembali kepada si empunya hajat, mau pestanya seperti apa, apakah yang mewah dan besar-besaran atau sederhana saja. Saya pribadi tidak punya budget yang "wow" untuk resepsi pernikahan saya, mangkanya saya ingin buat resepsi yang sederhana saja, tapi tentunya ga malu-maluin juga yaaaa..sederhana, cantik, elegan, tapi simpel.
Nah..apa aja siy yang perlu disiapin menjelang pernikahan?
Kebanyakan orang mempersiapkan resepsi jauh-jauh hari sebelum pernikahan, bahkan ada yang 1 tahun sebelumnya. Karena pernikahan Saya ini akan dilangsungkan insya Allah bulan April (awal April), maka Saya cuma punya waktu kurang lebih 3 bulan aja loh buat nyiapain ini itu.
Ribet? Iya siy..tapi jangan dibikin ribet lah..enjoy it..and i really love to prepare everything for that moment by my self, it's fun you know :)
Apa aja yang perlu disiapain?
1. Gedung
Kalau resepsinya rencana bakal diadain di gedung. Tenang..gedung tu ga harus yang hotel berbintang ko, banyak juga gedung dengan harga terjangkau.
2. Rias+dekorasi
Ini maksudnya kita harus nyari salon buat rias pengantin, detailnya nanti dibahas ditulisan tersendiri.
3. Catering
Ini penting banget, karena initinya pesta kan makan-makan ya :D Catering ini salah satu yang butuh dana paling besar.
4. Dokumentasi
Moment sepenting ini tentunya harus diabadikan ya...milih fotografer yang oke juga penting banget.
5. Undangan
6. Souvenir
7. Pendaftaran di KUA
8. Hiburan (misalnya live musik, tari or yang lain)
9. Seragam keluarga

Nah itu tadi bagian besarnya, masing-masing tar dibahas lebih detail di tulisan tersendiri.
Semua item di atas, 3 bulan sebelumnya harus udah dipastikan terbooking semua..
per hari ini, semua item di atas sudah saya pesan dan kasih tanda jadi, untuk memastikan bahwa mereka yang akan "incharge" di acara resepsi kita itu. Jadi kan kita tenang, mereka ga akan terima order lain di hari H kita.

Rabu, 19 Januari 2011

You must know that he is the one...

Bertahun-tahun menjalin hubungan dengan seseorang, tapi endingnya malah memutuskan menikah dengan seseorang yang sama sekali ga kamu sangka untuk menjadi pendamping hidupmu?
Bertahun-tahun memimpikan pasangan sempurna yang menyatakan cintanya dengan cara dramatis, tapi pada akhirnya merasa nyaman dengan sesorang yang sangat simpel, sederhana, dan cukup membuatmu luluh walaupun hanya dengan tatapan matanya yang teduh?
Memimpikan seseorang yang menurutmu sempurna dengan sejuta kriteria, tapi malah bertemu jodohmu yang ternyata selama ini selalu ada di depan matamu?
Itulah cinta, dan itulah jodoh.
Well..kamu boleh aja punya sejuta kriteria sempurna untuk calon pasangan hidupmu, tapi pada saatnya kamu akan tahu apakah dia "the one" yang kamu yakin akan menghabiskan sisa hidupmu atau bukan.
Mungkin dia bukanlah orang yang sempurna, tapi ketika menghabiskan waktu bersamanya, kamu bisa merasa sangat sempurna. Mampu saling melengkapi kekurangan masing-masing, mampu saling mengerti tanpa pernah terlalu banyak menuntut dan mengedepankan ego masing-masing.
Pasanganmu tak harus seseorang yang selalu cukup secara materi, tak harus pula setampan artis-artis di tivi, atau selalu membawakan bunga setiap hari.
Apabila saatnya tiba, ketika bersamanya, ketika berbicara dengannya, ketika menatap matanya, ketika kamu tidak memikirkan siapa dia dan apa yang dia punya, ketika hanya hati yang berbicara, ketika rasa nyaman itu hadir tanpa dipaksa, kamu akan tahu bahwa dialah orang yang akan mendampingi hidupnya untuk selamanya sampai ajal mejemput.
and at that time you will know..he is the one...